Jumat, 18 Maret 2011

Jika hati gelisah dan sumpek...

Remaja seperti aku sering sekali meraskan seperti ini..
Banyak pelajaran yang aku ambil dari setiap aksi dan reaksi yang aku dapat.


Kalau aku lagi badmood juga marah dan segalanya malah mendukung peningkatan badmood dan amarahku,
what will i do ?

  1. Istighfar sebanyak banyaknya. InsyaAllah hati bisa lebih tenang dan pikiran bisa menjadi jernih, jadi segala yang dilakukan bisa berjalan dengan baik.
  2. Senyum dengan tulus.Setidaknya mengurangi beban beban yang mengganggu pikiran otak. Setidaknya itu "mindset" untuk menghadapi semua dengan ketenangan, rasanya senyum itu mempengaruhi kerja otak.
  3. Bisikkan ke hatimu "ikhlas..ikhlas" sambil mengelus ngelus dada. Segalanya itu sudah diatur oleh Allah SWT, dan yakin segala cobaan itu tidak ada yang melebihi batas kemampuan hambaNya. Kalau aku sih, solusi yang ketiga ini lumayan sering aku lakukan.hehe
  4. Diamlah, jika tidak bisa melakukan yang lebih baik dari diam. Misal, mengumpat jika terkena masalah, mendoakan yang jelek kepada orang yang tidak kita sukai. 
  5. kalau misalnya tentang masalah hati, sibukkan diri sama hal-hal yang lebih penting. jangan biarkan fikiran terfokus sama hal yang malah ngebuat kita "down". Setidaknya kalau sibuk, fikiran kan gak terfokus sama yang itu aja.
  6. kalau badmood nya udah parah, nangis aja. Menurut pengalaman sih, kalau aku badmood gara gara capek,pelajaran,masalah hati, dll aku nangis. Hati lebih plong kan? kalau gak mau kelihatan cengeng, ya nangis di kamar.

Semua itu cuman pelajaran dari pengalaman ku aja. Mungkin tiap orang juga beda beda dalam menghadapi masalah nya masing masing. Hanya sekedar sharing aja. 
thanks for reading and sorry for mistakes

1 komentar: